Latest News
apparel.wolvwolv.com adv
Choose your language:

Cara Membaca Kepribadian Seseorang Melalui Bentuk Wajah

2013-09-01 23:04:00

news.wolvwolv.com
Physiognomy Overview
Pernahkan Anda mendengar mengenai fisiognomi? Bagi Anda yang belum pernah mendengar istilah ini, fisiognomi adalah menilai kepribadian atau karakter seseorang melalui penampilan luar yang dimiliki, khususnya bagian wajah(Wikipedia). Ilmu membaca kepribadian ini sebenarnya telah lama menjadi bagian dari sejarah manusia. Di Cina dan beberapa kebudayaan Asia lainnya, ilmu ini menjadi bagian dari Confusianism. Sejarah budaya barat menyatakan pertama kali mengenal ilmu ini pada jaman Yunani kuno, dan kemudian pseudo-scientific mulai mengeksploitasi ilmu ini.

Fisiognomi menggunakan bagian wajah seperti bentuk wajah, bibir, hidung, mata, alis, dan dahi untuk membaca kepribadian dan karakter seseorang. Sebenarnya pada jaman kuno fisiognomi digunakan lebih dari sekedar membaca kepribadian dan karakter, ilmu ini juga digunakan untuk membaca takdir, pengobatan, kehidupan dan kematian seseorang. Namun karena hal tersebut terlalu "transendental," penulis akan fokus pada fungsi fisiognomi untuk membaca kepribadian dan karakter saja.

Bentuk Wajah

Mari kita mulai membaca kepribadian dan karakter dengan mengamati bentuk wajah seseorang. Dan kesimpulan fisiognomi dari berbagai bentuk wajah manusia yang ada adalah sebagai berikut;

  • Seseorang dengan bentuk wajah bulat cenderung pintar, praktis, dinamis, sensitif, dan emosional.
  • Seseorang dengan bentuk wajah segitiga umumnya kreatif dan suka memberikan nasihat.
  • Seseorang dengan bentuk wajah oval cenderung disiplin, pekerja keras, dan cerdas.
  • Anda akan menemukan seseorang dengan bentuk wajah persegi cenderung tidak mudah terpengaruh dan keras kepala.
  • Sementara seseorang dengan bentuk wajah segitiga terbalik biasanya mereka adalah orang yang baik, mampu menginspirasi orang lain, dan suka mempelajari hal-hal baru.

Dahi

Kalau Anda suka bercanda mengenai lebarnya dahi teman Anda, well, you shouldn’t do that. Dahi yang lebar bukanlah suatu kekurangan melainkan kelebihan, karena seseorang dengan dahi lebar cenderung memiliki kepribadian dan karakter yang bagus.

  • Seseorang dengan dahi yang lebar cenderung bijaksana, tahu bagaimana membuat keputusan, dan efisien.
  • Sementara seseorang dengan bentuk dahi yang sempit dan menonjol cenderung tergesa-gesa, tidak suka melihat masa lalu dan lebih fokus ke masa depan, serta memiliki ambisi untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Sebenarnya fisiognomi juga menyebutkan kriteria dahi berkerut dan membacanya sebagai cenderung memiliki antusiasme tinggi, dan terkadang bisa menjadi seseorang yang mudah marah. Tetapi kriteria dahi berkerut ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor usia, bukan yang diberikan kepada kita sejak lahir. Jadi penulis lebih memilih tidak mengikutsertakan dahi berkerut sebagai kriteria dalam membaca kepribadian dan karakter seseorang.

Alis

Beralih ke bentuk alis, berikut kesimpulan fisiognomi atas beberapa bentuk alis manusia pada umumnya;

  • Seseorang beralis tebal biasanya memiliki bakat dan responsif terhadap pekerjaannya.
  • Seseorang yang memiliki alis tipis cenderung lebih detil dan teliti, tetapi mereka biasanya kurang percaya diri.
  • Seseorang dengan bentuk alis lurus cenderung rendah hati dan sederhana
  • Sementara alis melengkung cenderung humoris dan mudah bergaul
  • Seseorang dengan alis yang menyambung biasanya seorang pemikir dan tegas, sosok seorang pemimpin

Dari poin-poin diatas dapat disimpulkan seorang dengan alis yang menyambung sebagai CEO, seseorang beralis tebal melengkung sebagai marketing, seseorang beralis tipis lurus sebagai admin. Right!?! Just kidding.

Mata

"Mata Anda mengungkapkan semuanya." Kalimat ini secara harfiah bisa mewakili fisiognomi, karena ia bisa membaca kepribadian dan karakter dari mata Anda.

  • Seseorang dengan mata sayu biasanya tenang, pandai, tetapi terkadang pesimis.
  • Seseorang bermata sipit cenderung tegas dan sangat disiplin, mereka tidak suka berdiam diri atau tidak melakukan apapun.
  • Sementara seseorang dengan mata lebar cenderung aktif, tetapi ceroboh dan sedikit moody.

Hidung

Ketika membicarakan mengenai bentuk hidung, bentuk ideal yang ada di masyarakat adalah hidung mancung. Tetapi menurut fisiognomi, tidak hanya seseorang dengan hidung mancung saja yang memiliki kepribadian dan karakter ideal, setiap bentuk hidung memiliki keistimewaan tersendiri.

  • Seseorang berhidung mancung cenderung jujur, sensitif dengan apa yang terjadi disekitarnya, dan kritis dalam berpendapat.
  • Seseorang berhidung pendek biasanya pragmatis, mudah bergaul, dan berani untuk mengungkapkan perasaan tidak nyaman.
  • Seseorang dengan hidung lebar cenderung memiliki prinsip kuat dan tidak mudah terpengaruh.
  • Sedangkan seseorang dengan hidung yang besar dan lebar cenderung tidak mudah menyerah, kreatif, aktif.

Bibir

Apa yang Anda ketahui mengenai bibir, selain seputar to be kissed? Berikut kesimpulan fisiognomi mengenai bentuk bibir;

  • Seseorang dengan bibir penuh cenderung suka berinteraksi, outgoing, tetapi terkadang ucapannya tidak memperhatikan siapa yang ada disekelilingnya.
  • Bibir tipis menggambarkan seseorang yang pandai menyimpan rahasia, Anda bisa mempercayakan rahasia kepada seseorang dengan bibir tipis.
  • Seseorang dengan bibir tebal biasanya murah hati, tetapi terkadang suka membanggakan diri sendiri.
  • Dan apabila Anda menemukan seseorang dengan bibir atas yang tipis dan bibir bawah tebal, maka ia biasanya persuasif dan suka bicara, atau mungkin banyak bicara.

Cara termudah untuk menguji ilmu membaca kepribadian dan karakter ini adalah dengan mencobanya pada diri Anda sendiri. Apabila Anda menemukannya tepat dan sesuai, Anda bisa mulai menerapkannya pada orang lain. Hal yang perlu diperhatikan dari fisiognomi adalah ilmu ini tidak bisa diterapkan dengan tepat apabila terdapat perbedaan latar belakang genetis. Seperti contoh bentuk mata orang Asia dan Eropa cenderung berbeda. Apabila Anda membandingkannya tanpa memperhatikan faktor genetis tersebut, maka semua orang Asia terklasifikasi sebagai bermata sipit dan orang Eropa bermata lebar.

apparel.wolvwolv.com adv

comments powered by Disqus

Tentang penulis artikel ini:

Roys Yasbana is a freelance writer, Android developer, website developer, Windows software developer, and the owner of wolvwolv.com.

apparel.wolvwolv.comadv
dev.wolvwolv.comadv
dev.wolvwolv.comadv